EGYZOOMBanner Infografis Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 

Lokasi Gerhana Matahari Cincin di Indonesia yang Terjadi Hari Ini

26 Des 2019, 00:02 WIB
Liputan6.com, Jakarta - Gerhana matahari terakhir dalam tahun ini akan melanda Bumi. Gerhana matahari yang terjadi sehari setelah Natal ini adalah Gerhana Matahari Cincin.
Fenomena ini terjadi karena Bulan baru, yang sedikit lebih jauh dari Bumi dan tampak lebih kecil di langit, akan menutupi 97 persen cakram Matahari saat berada dalam garis lurus atau sejajar.
Meski tak mengesankan seperti gerhana matahari total pada 2017, fenomena alam pada hari ini, Kamis (26/12/2019) disebut punya efek bahaya bagi mereka yang menyaksikannya.
Menurut penulis buku "A Stargazing Program for Beginners: A Pocket Field Guide" Jamie Carter, bahaya yang dimaksud tak ada hubungannya dengan bencana alam. Namun, ia memperingatkan, siapapun yang ingin menyaksikan Gerhana Matahari Cincin wajib menggunakan kacamata khusus gerhana matahari untuk menghindari ancaman kebutaan.
"Itu menjadikannya gerhana matahari paling berbahaya tahun 2019," ungkap Jamie dalam artikelnya di Forbes. Ia menjelaskan, ketika gerhana matahari total pada Juli 2017, ada momentum di mana manusia bisa menyaksikannya dengan mata telanjang. Namun, tidak kali ini.
Fenomena yang juga sering disebut sebagai "cincin api" atau "cincin cahaya" ini akan terlihat saat matahari terbit di Arab Saudi, kemudian di langit Qatar, Uni Emirat Arab (UEA) , Oman, India selatan, Sri Lanka, Indonesia, Singapura dan Malaysia. Matahari kemudian tenggelam, dalam wujud mirip "cincin" di Guam, Samudra Pasifik.
Lalu, di mana dan kapan kita bisa melihat gerhana matahari cincin di Indonesia?
Gerhana Matahari Cincin diprediksi akan dimulai di Indonesia pada pukul 12.15 WIB dan memasuki fase puncak pada 12.17 WIB. Gerhana Matahari Cincin di Indonesia diprediksi berakhir pada 12.19 WIB.  Namun, fenomena ini tidak akan terlihat di semua wilayah Indonesia.

Post a Comment

أحدث أقدم